Kemenag Disarankan Tutup Sementara Pendaftaran Umrah

Faisal Abdalla    •    Selasa, 17 Apr 2018 13:51 WIB
ibadah umrah
Kemenag Disarankan Tutup Sementara Pendaftaran Umrah
Konferensi pers terkait umrah di Ombudsman. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Ombudsman menyarankan Kementerian Agama (Kemenag) memoratorium pendaftaran ibadah umrah. Ini diperlukan untuk membenahi sistem demi mencegah potensi malaadministrasi.

"Ombudsman mengusulkan agar Kemenag melakukan moratorium pendaftaran ibadah umroh selama dua bulan," kata Komisioner Ombudsman Ahmad Suaedy di kantor Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 17 April 2018. 

Saran ini dikeluarkan menyikapi kasus penipuan biro perjalanan umrah bodong, ABU Tours. Selama moratorium, Kemenag bisa mengaudit secara menyeluruh terhadap semua penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). 

Kemenag, kata dia, juga harus memastikan seluruh jemaah yang terdaftar di semua PPIU bisa berangkat. Kemenag juga diminta bekerja sama dengan pihak yang berkompeten untuk mengawasi dimensi bisnis PPIU.

"Sedangkan, Kemenag hendaknya fokus pada dimensi keibadahan," jelas Suaedy. 

Baca: 381 Calon Jemaah ABU Tours Lapor ke Polda DIY

Ombudsman juga menyarankan Kemenag lebih memperketat lagi seleksi dan pengawasan yang ketat terhadap pendaftaran PPIU. Kementerian bisa bekerja sama dengan pihak yang memiliki kompetensi dalam keahlian perizinan pariwisata. 

"Kami menyarankan Kemenag agar membuat aturan terkait status hukum kepada PPIU dan pengelolanya yang melakukan pelanggaran selama audit dan izinnya telah dicabut agar tidak mendaftar kembali sebagai PPIU di kemudian hari," pungkas Suaedy.




(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA