Presiden Janji Percepat Pembahasan RUU Pesantren

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 14 Dec 2018 14:42 WIB
pesantren
Presiden Janji Percepat Pembahasan RUU Pesantren
Presiden Jokowi saat bertemu ulama Aceh. Foto: Biro Pers.

Banda Aceh: Presiden Joko Widodo berjanji akan mempercepat pembahasan Rancangan Undang-Undang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Hal itu disampaikan Jokowi di hadapan 105 ulama di seluruh Provinsi Aceh.
 
"Ini memang pemerintah terus mendorong agar bisa diselesaikan karena itu adalah sebuah payung hukum besar," ujar Jokowi di Ballroom Hotel Hermes Palace, Kota Banda Aceh, Jumat, 14 Desember 2018.
 
Jokowi menjelaskan RUU ini disusun untuk mencapai tujuan jangka panjang. Terutama dalam membangun dan mengembangkan pendidikan pesantren serta keagamaan yang ada di Tanah Air.
 
Saat ini, kata dia, jumlah pondok pesantren di Tanah Air mencapai 28 ribu. “Apabila negara ingin memberikan anggaran kepada pondok pesantren, baik dalam rangka pembangunan pondok, baik, misalnya, untuk guru-guru ngaji yang ada di dalam pondok,” tutur dia.

Baca: RUU Pesantren dan Keagamaan Dinilai Perlu Penyempurnaan

Selain membahas RUU Pesantren, sejumlah masalah kebangsaan juga menjadi topik diskusi dalam pertemuan tersebut. Antara lain soal Islam Wasatiyyah atau Islam jalan tengah.
 
Jokowi kemudian menceritakan pertemuan Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia Tentang Wasatiyyah Islam di Bogor pada Mei 2018.

“Kalau kami lihat, hampir semua negara yang hadir saat itu mengamini bahwa Islam Wasatiyyah adalah adalah sebuah jalan yang baik bagi kita semuanya,” kata dia.




(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA