Alasan Kemenkum HAM Meneguhkan Status WNI Arcandra

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 14 Sep 2016 16:46 WIB
kewarganegaraan arcandra tahar
Alasan Kemenkum HAM Meneguhkan Status WNI Arcandra
Menkumham Yasonna Laoly. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Keputusan Kementerian Hukum dan HAM meneguhkan status warga negara Indonesia dari Arcandra Tahar menimbulkan pro dan kontra. Namun, Kemenkum HAM beralasan keputusan ini diambil untuk menghindari adanya masalah di kemudian hari.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan, pihaknya sengaja menggunakan istilah meneguhkan terhadap status WNI Arcandra. Sebab, ia khawatir jika menggunakan istilah memberikan kembali nantinya malah akan dipermasalahkan.

Pasalnya, memberikan status WNI harus mengikuti proses yang diatur dalam Pasal 9 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan. Proses itu digunakan untuk menaturalisasi warga negara asing menjadi WNI.

"Kalau kami naturalisasi, Nanti orang mengkritik 'wah kenapa itu tidak naturalisasi yang pakai pasal 9'. Ini yang kami cegah supaya tidak terjadi seperti itu, pemikiran orang-orang dalam melihat ini," kata Yasonna, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2016).


Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar menghadap Presiden Jokowi jelang penurunan bendera Pusaka Merah Putih di Istana Negara, Rabu (17/8/2016). Foto: Metrotvnews.com/Desi Angriani

Yasonna menambahkan, dalam mengambil keputusan ini, pihaknya juga telah memperhatikan semua aspek hukum dengan cermat dan hati-hati. "Makanya kami untuk mencegah stateless kita teguhkan kewarganegaraannya," ucap dia.

Lagi pula, menurut dia, Kemenkum HAM selama ini belum pernah mencabut status WNI Arcandra. Sehingga, secara formil Arcandra belum kehilangan status WNI-nya, meski secara materil dia telah kehilangan kewarganegaraannya.

"Benar bahwa yang bersangkutan sudah kehilangan secara materil tapi belum diikuti dengan tindakan formal dengan pencabutan seperti apa yang diatur dalam PP. Maka kita teguhkan kembali," kata dia.

 


(MBM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA