Ketua MPR Persilakan Pemerintah Perbarui Film G30S/PKI

Lis Pratiwi    •    Selasa, 19 Sep 2017 08:58 WIB
peringatan g 30 s pki
Ketua MPR Persilakan Pemerintah Perbarui Film G30S/PKI
Zulkifli Hasan. Foto: MI/Panca Syurkani.

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua MPR Zulkifli Hasan mempersilakan pemerintah memperbarui film G30S/PKI untuk mempermudah generasi milenial dalam memahami pesan yang disampaikan. Pembelajaran sejarah sangat penting.

"Menonton film yang lama atau bikin film baru sesuai perkembangan zaman silakan saja. Ini untuk pembelajaran sejarah saya kira penting," kata Zulkifli seperti dilansir Antara, Selasa 19 September 2017.

Pernyataan Zulkifli itu menanggapi usul Presiden Joko Widodo agar film G30S/PKI diperbarui. Zulkifli mengatakan dengan menonton film tersebut, maka masyarakat dapat memahami dan mempelajari hal-hal baik dan tidak baik terkait film tersebut.

"Melalui film tersebut semua bisa dipelajari," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengusulkan film G30S/PKI diperbarui agar lebih mudah dipahami oleh generasi muda. "Ya nonton film apalagi mengenai sejarah itu penting akan tetapi untuk anak-anak milenial yang sekarang tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka," kata Presiden usai meninjau Jembatan Gantung Mangunsuko di Kecamatan Dusun, Magelang, Senin 18 September 2017.

Versi terbaru film 1984 itu diharapkan bisa menarik generasi milenial untuk menontonnya dan membuat mereka mengerti bahaya komunisme. "Ya akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial," ungkap Presiden.



 


(DHI)