Wapres AS Terkesan dengan Penyambutan Indonesia

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 20 Apr 2017 13:41 WIB
indonesia-as
Wapres AS Terkesan dengan Penyambutan Indonesia
Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Foto: MTVN/ Achmad Zulfikar Fazli

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence terkesan dengan sambutan yang diberikan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Ia berterima kasih atas keramahan yang diberikan kepada keluarga selama kunjungan kehormatan ini.
 
"Kami mendapat sambutan luar biasa dan berwarna-warni dari semua anak pagi ini," kata Pence saat konferensi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 20 April 2017.
 
Pence datang ke Indonesia membawa Istrinya, Karen Pence, serta dua anaknya, Charlotte Pence dan Audrey Pence. Dalam kunjungannya, Pence beserta keluarga disambut oleh anak-anak kecil yang berpakaian daerah.
 
Ia akan mengenang penyambutan tersebut. "Ini akan menjadi memori sepanjang hayat," ucap dia.
 
Ada beberapa hal yang dibahas pemerintahan Indonesia dengan Amerika Serikat. Pertama, mengenai komitmen Amerika Serikat meningkatkan strategic parthnership dengan Indonesia. Hal itu akan fokus pada bidang-bidang kerja sama dan investasi.
 
Indonesia-AS akan membuat tim umtuk membahas pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip-prinsip win-win solution pada bulan depan.
 
Kedua, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia dan sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, sepakat menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.
 
Dalam perdagangan bilateral, Amerika merupakan mitra dagang Indonesia terbesar keempat. Pada 2016 sebesar USD 23,4 miliar, dan 2015 sebesar USD 23,8 miliar, surplus RI sebesar USD 8,6 miliar.
 
Sementara itu, Amerika Serikat merupakan investor asing terbesar ketujuh di Indonesia. Jumlah investasi pada 2016 sebesar USD 1,16 miliar dalam 540 proyek dan tahun 2015 sebesar USD 893,2 juta dalam 261 proyek.
 
Bidang usaha yang paling diminati oleh para investor Amerika Serikat di Indonesia adalah pertambangan, makanan, alat angkut dan kimia atau farmasi.
 
Komoditas utama RI ke AS antara lain produk manufaktur apparel sebesar USD  4,72 miliar; produk makanan sebesar USD 1,78 miliar; produk kulit sebesar USD 1,56 miliar; komputer dan produk elektronik sebesar USD 1,43 miliar; dan produk perikanan sebesar USD 1,39 miliar.
 
Adapula komoditas utama RI dari AS, antara lain poduk pertanian USD 1,81 miliar; produk makanan sebesar USD 783,7 juta; bahan kimia (Chemicals) sebesar USD 781,6 juta; dan alat transportasi sebesar USD 626,4 Juta.
 
 


(FZN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA