Anies Enggan Tanggapi Pernyataan Luhut terkait Reklamasi

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 09 May 2017 05:36 WIB
reklamasi teluk jakarta
Anies Enggan Tanggapi Pernyataan Luhut terkait Reklamasi
Anies Baswedan. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dalam janji kampanyenya pernah mengutarakan bakal menghentikan proyek reklamasi Pantai Utara Jakarta. Niat Anies tersebut, rupanya mendapat tantangan dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, jika Anies berani menghentikan proyek reklamasi, maka ia harus bertanggung jawab dengan resiko turunnya permukaan daratan Jakarta di masa mendatang. Mendapatkan tentangan dari Luhut, Anies enggan menanggapinya.

"Saya tidak ada tanggapan itu dulu," kata Anies di kediaman Jenderal Purnawirawan Joko Santoso di Jalan Bambu Apus Raya, Jakarta Timur, Senin 8 Mei 2017.

Sampai kini, Anies pun belum secara rinci menjelaskan programnya dalam kaitannya dengan reklamasi. Padahal, sebelumnya ia selalu menekankan akan bicara setelah ada penetapan dan keputusan resmi Pilkada dari KPU.

Sebelumnya, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan tak melihat satu alasan untuk membatalkan reklamasi pantai utara Jakarta. Dia mengkritik niatan Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membatalkan reklamasi.

Menurut dia, pemerintah bersama perwakilan dari Belanda dan Korea Selatan tengah mengkaji proyek ini. "Karena kalau itu enggak kita laksanakan, Jakarta itu turun antara 8 cm sampai 23 cm," jelas dia.

Luhut tak menutup kemungkinan terhadap penyesuaian dalam proyek reklamasi pantai utara Jakarta ke depan. Hal ini akan disesuaikan dengan hasil kajian yang dikeluarkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama dua negara sahabat.


(SCI)

Setya Novanto Terancam Pidana Berat

Setya Novanto Terancam Pidana Berat

42 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto terancam pidana berat. Dalam surat dakwaan yang dib…

BERITA LAINNYA