Pimpinan DPR Tunggu Kepastian Fraksi

Dheri Agriesta    •    Kamis, 18 May 2017 16:01 WIB
angket kpk
Pimpinan DPR Tunggu Kepastian Fraksi
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (Kiri). Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menunggu sikap fraksi di DPR untuk mengirimkan anggota mereka dalam panitia khusus (pansus) hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Taufik mengatakan pimpinan DPR siap memfasilitasi pertemuan fraksi dalam forum rapat pengganti Badan Musyawarah (Bamus).

"Sesuai prosedur," kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 18 Mei 2017.

Taufik akan menunggu rapat pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR selesai. Pada rapat itu, ujar dia, setiap fraksi memutuskan apakah akan menyetorkan perwakilan di pansus atau tidak. "Apakah menunda atau fraksi lain mengisi nama anggota pansusnya. Atau seperti apa," kata Taufik.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini tak ingin mendahului keputusan yang dibuat dalam rapat pengganti Bamus. Namun, ia memastikan hal ini akan melalui mekanisme yang telah ditetapkan.

Di aturannya, meski hanya tiga fraksi di DPR yang mengirimkan anggota, pansus bisa terbentuk. Asalkan sudah menjadi keputusan rapat pengganti Bamus.

"Nantinya, (jika pansus sudah terbentuk) hanya diberi waktu 60 hari kerja. Setelah itu ada keputusan di dalam rapat paripurna. Di rapat paripurna itulah barangkali sikap final masing-masing fraksi terhadap kerja pansus, apakah menyetujui atau menolak," kata Taufik.

Taufik telah meminta kepastian dari seluruh fraksi melalui sambungan telepon karena sebagian besar pimpinan fraksi masih reses.

"Sekarang bukan masalah sah atau tidak lagi, tapi bagaimana sikap mayoritas fraksi. Kalau ternyata minoritas, perjalanan pansus (hak angket KPK) diputuskan di rapat pengganti Bamus," kata dia.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA