Pengibaran Bendera Israel di Papua Dikecam

Wandi Yusuf    •    Kamis, 24 May 2018 21:18 WIB
papua
Pengibaran Bendera Israel di Papua Dikecam
Sejumlah aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) membakar bendera Israel. Foto: Antara/Basri Marzuki.

Jakarta: Panglima Besar Front Pembela Rakyat (FPR) Nugroho Prasetyo geram dengan peristiwa pengibaran bendera Israel yang dilakukan oleh Sion Kids Center of Papua.
 
"Kami mengutuk secara keras penggunaan bendera Israel dalam konvoi di Papua. Israel secara nyata telah menjajah bumi Palestina dan itu bertentangan dengan konstitusi kita, pembukaan UUD 1945," ujar Nugroho melalui keterangan tertulis, Kamis, 24 Mei 2018.
 
Ia meminta aparat penegak hukum tak berdiam diri melihat kejadian ini.  Kepolisian harus menindak secara tegas para pelaku berdasar peraturan hukum yang berlaku.  Papua sebagai bagian integral dari NKRI tidak boleh menggunakan simbol-simbol negara lain. Pengibaran bendera Israel, kata dia, sebagai bentuk dari separatisme dan ahistoris.
 
"Penyatuan Papua ke dalam haribaan NKRI adalah final. Merah-Putih harga mati. Maka kami meminta aparat kepolisian untuk bertindak tegas menyelesaikan permasalahan ini," katanya.
 
Dia melanjutkan saat ini Satgas Baret Merah FPR Papua  siap membantu aparat keamanan dalam menegakkan marwah dan kewibawaan negara. Siapa pun pihak yang coba untuk merobek jantung NKRI, FPR siap memberantas sampai ke akar-akarnya
 
"Akhir Agustus 2018, FPR akan melakukan 'Apel 100.000 Satgas Baret Merah' di Stadion Senayan. Apel kebangsaan ini untuk menjaga situasi politik dalam negeri menjelang Pemilu 2019 tetap kondusif. Apel ini akan diikuti oleh 100 BEM se-Jawa," imbuhnya.

Baca: Tokoh Papua Diperiksa Polisi karena Pakai Atribut Mirip Bintang Kejora

Pawai pengibaran bendera Israel dilakukan dengan menggunakan mobil dan berjalan kaki berlangsung di Jayapura, Papua, Senin, 14 Mei 2018. Ada dua video yang beredar terkait aksi pengibaran bendera Israel yang diduga dilakukan dalam acara Kebaktian Budaya Bangsa ke-12 di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Kotaraja, Jayapura. 




(FZN)