Demokrat Dukung Prabowo-Sandi Pilihan Paling Masuk Akal

   •    Jumat, 10 Aug 2018 11:53 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Demokrat Dukung Prabowo-Sandi Pilihan Paling Masuk Akal
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berjalan bersama Presiden ke-6 sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di rumah dinasnya di Mega Kuningan, Jakarta. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menilai keputusan Partai Demokrat yang 'melabuhkan hati' pada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno adalah pilihan paling rasional.

Bagaimana pun, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sempat melontarkan statemen tingginya angka kemiskinan terhadap pemerintahan Jokowi dan konsisten mendukung Prabowo siapa pun pendampingnya nanti tidak bisa 'dijilat' kembali.

"Dan pernyataan jenderal kardus atau ekspresi ketidakpuasan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan tidak bisa dianggap satu keputusan partai," ujarnya dalam Breaking News Metro TV, Jumat, 10 Agustus 2018.

Menurut Burhan, keputusan Demokrat mengawal Prabowo-Sandi juga merupakan upaya menyelamatkan muruah partai. Di samping menghindari sanksi besar tidak diperbolehkan ikut pemilu 2024 jika tak mendukung salah satu.

"Demokrat akan malu dua kali kalau ternyata selama ini dukungan yang diberikan ada pamrihnya," kata dia.

Burhan melihat bagaimana pun sangat kecil peluang Demokrat merapat ke kubu petahana. Selain pernyataan konsisten bersama Gerindra, peluang besar menjadi pimpinan koalisi juga tak akan disia-siakan.

"Bagi SBY mungkin lebih baik jadi kepala semut daripada ekor gajah di seberang. Jangan lupa kalau hanya 4 partai SBY bisa mengambil peran lebih besar ketimbang bergabung dengan koalisi Jokowi," jelas Burhan.




(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA