Anggota tidak tetap DK PBB

Indonesia Prioritaskan Isu Palestina di DK PBB

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 12 Jun 2018 14:13 WIB
indonesia-pbb
Indonesia Prioritaskan Isu Palestina di DK PBB
Presiden Jokowi bicara soal Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB di Istana Bogor/Medcom.id/Fikar

Bogor: Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi fokus mendorong isu kemerdekaan Palestina di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Isu itu harus terus disuarakan.

"Isu Palestina akan menjadi prioritas bagi Indonesia dalam DK PBB," tegas Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 12 Juni 2018.

Jokowi meminta Retno mempersiapkan dengan baik isu-isu yang akan dibawa Indonesia saat resmi menjadi anggota tidak tetap DK PBB, 1 Januari 2019. Kepercayaan dunia menjadi tanggung jawab yang harus ditunaikan.

Baca: Indonesia Mengedepankan Rekam Jejak untuk DK PBB

Indonesia juga ingin memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas dunia. Beberapa di antaranya dengan memperkuat budaya penyelesaian konflik secara damai dan sinergi antara organisasi kawasan dan DK PBB.

"Dan kita ingin meningkatkan pendekatan komprehensif dalam menangani kejahatan lintas batas, termasuk di dalamnya adalah terorisme. Serta kita ingin menyinergikan upaya menciptakan perdamaian dengan pencapaian agenda pembangunan 2030," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.


(OJE)