Jokowi Minta Sistem Cashless Segera Dimulai

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 02 Jan 2018 12:27 WIB
transaksi non tunaipresiden jokowi
Jokowi Minta Sistem Cashless Segera Dimulai
Presiden Joko Widodo--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli

Jakarta: Presiden Joko Widodo memandang penggunaan kartu debit dan kartu kredit dalam pembayaraan Kereta Bandara Soekarno-Hatta sebagai hal wajar. Ia menilai sistem pembayaran cashless atau pembayaran tanpa uang tunai saat ini sudah harus diterapkan.

"Harus dimulai baik pakai kartu kredit, e-money, dan semuanya," kata Jokowi usai menjajal Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa, 2 Januari 2018.

Menurut dia, selama ini masih ada counter yang melayani transaksi uang tunai pada beberapa moda transportasi, seperti kereta api. Namun, ia ingin ke depannya tak ada lagi transaksi tunai. "Nanti suatu saat semua harus mulai," ucap dia.

Baca: Pentingnya Data dari Sistem Pembayaran Nontunai

Sebelumnya, masyarakat masih belum banyak yang mengetahui tata cara pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Ini membuat beberapa masyarakat kebingungan untuk bisa menikmati moda transportasi tersebut.



Bahkan, ada beberapa masyarakat yang hampir tak bisa menikmati moda transportasi ini karena tidak punya kartu debit dan kartu kredit. Pasalnya, transaksi ini tak bisa menggunakan uang tunai dan e-money.

Selain menggunakan kartu debit dan kartu kredit, penumpang yang ingin menggunakan kereta bandara ini juga harus memilih tipe tiket lalu memasukkan nama, alamat email, nomor telepon, dan jumlah penumpang.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan sistem pembelian tiket kereta api Bandara Soekarno Hatta akan dievaluasi. Khususnya pembelian langsung di Stasiun Sudirman Baru. Heru mengatakan akan menghapus sistem pengisian data tersebut, untuk efisiensi waktu.


(YDH)

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

7 hours Ago

Pengadilan Jakarta Selatan sudah menetapkan jadwal sidang perdana praperadilan mantan kuasa huk…

BERITA LAINNYA