Pemuda Harus Percaya Diri dan Jangan Malas

Tri Kurniawan    •    Sabtu, 11 Nov 2017 18:04 WIB
berita mpr
Pemuda Harus Percaya Diri dan Jangan Malas
Zulkifli Hasan pidato di Unila. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan

Metrotvnews.com, Lampung: Ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut ada dua 'penyakit' pemuda, minder dan malas. Dua hal itu bisa merintangi pemuda menggapai kesuksesan.

"Penyakit anak muda ada dua, pertama kurang percaya diri atau minder. Belum berjuang sudah merasa gagal. Penyakit kedua malas, kerja sebentar capek, belajar sebentar menyerah," kata Zulkifli saat pidato di hadapan ratusan mahasiswa di Universitas Lampung, Sabtu 11 November 2017.

Zulkifli mengatakan, pengusaha bisa sukses antara lain karena ada semangat pantang menyerah. Hal itu ia ketahui berdasarkan diskusinya dengan banyak pengusaha. Kalau belum berjuang sudah menyerah, Zulkifli menyebut itu bahaya.

"Maka, harus ada semangat saya bisa."


Mahasiswa Unila mendengarkan pidato Zulkifli Hasan.

Dia meminta mahasiswa bersyukur bisa kuliah, sebab ada banyak pemuda tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga universitas. Dengan bersyukur dan sungguh-sungguh belajar, Zulkifli berharap, mahasiswa bisa mudah mendapatkan pekerjaan.

Zulkifli menyampaikan, salah satu syarat sebuah negara menjadi maju adalah rakyatnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Menurutnya, tidak ada gunanya sumber daya alam melimpah kalau negaranya tidak memahami iptek.

"Tidak usah kita besar-besarkan Indonesia kaya raya. Walaupun sumber daya alam kita melimpah, kalau tidak punya ilmu, kita akan berkelahi terus," ujarnya.

Kalau bicara ilmu dan pendidikan, erat kaitannya dengan kampus. Dia menyebut, negara hebat memiliki kampus yang hebat.

"Pendidikan penting sekali, karena akan menentukan masa depan kita dan negara. Satu-satunya cara memutus rantai kemiskinan adalah pendidikan," tegas Zulkifli.


(TRK)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

10 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA