Ahok Diberhentikan dari Jabatan Gubernur

Fauzan Hilal    •    Selasa, 09 May 2017 13:26 WIB
kasus hukum ahok
Ahok Diberhentikan dari Jabatan Gubernur
Mendagri Tjahjo Kumolo/MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memberhentikan sementara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Hal itu menyusul putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang memvonis Ahok dua tahun penjara atas kasus penodaan agama.
 
"Kemendagri akan menugaskan Wakil Gubernur DKI (Djarot Saiful Hidayat) sebagai Plt (pelaksana tugas) untuk menggantikan Pak Ahok," kata Tjahjo, Selasa 9 Mei 2017.
 
Tjahjo mengungkapkan, Djarot bakal jadi Plt gubernur  DKI hingga Oktober 2017 atau hingga masa jabatan gubernur dan wakil gubernur DKI periode 2012 - 2017 selesai.
 
Ia mengungkapkan, pihaknya akan menindaklanjuti putusan hakim dengan mengirim surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Kemendagri akan meminta salinan putusan kasus penodaan agama yang menjerat Ahok.
 
"Dalam proses tindaklanjut, hari ini pemerintah akan menyurati Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk mendapat salinan terkait pasal KUHP dalam penetapan putusan. Pemerintah akan menindaklanjuti putusan itu," ujar Tjahjo.
 
Menurut Tjahjo, putusan itu sangat penting sebagai dasar pemberhetian sementara. Dasar salinan yang diterima pemerintah akan menjadi acuan untuk memberhentikan Ahok.
 
"Dasar salinan yang kami terima menjadi acuan pemerintah. Kami akan mengambil langkah sekanjutnya untuk tahap pemberhentian saudara Ahok dan penunjukkan Wagub Djarot," kata Tjahjo.
 


(FZN)