TNI Diminta Persiapkan Pengganti Panglima Gatot

   •    Selasa, 07 Nov 2017 14:30 WIB
panglima tni gatot nurmantyo
TNI Diminta Persiapkan Pengganti Panglima Gatot
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah mendekati masa pensiun pada Maret-April 2018. Namun, hingga saat ini, belum ada sinyal pergantian dari Markas Besar TNI.

"Regenerasi diperlukan untuk memberikan warna berbeda dalam kepemimpinan TNI ke depan," ujar Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto, dalam keterangan tertulis, Selasa 7 November 2017.

Setiap kepemimpinan, kata dia, memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, setiap pemimpin dalam TNI, terutama Panglima TNI, harus memegang teguh Sapta Marga.

Menurutnya, amanat reformasi yang utama adalah TNI tidak berpolitik dan menjaga kepemimpinan nasional untuk patuh serta taat di bawah komando Presiden sebagai Panglima Tertinggi.

"Sosok pengganti Panglima TNI saat ini harus segera dipersiapkan oleh internal TNI agar terjadi kematangan dan kesiapan di internal. Ini dilakukan untuk menerima pengganti Jenderal Gatot," ucapnya.

Baca: Panglima TNI Harus Kembali ke Barak

Ke depan, ia meminta pengganti Panglima TNI tak terjebak oleh kepentingan personal maupun kelompok. Ia khawatir hal itu akan menimbulkan kegaduhan dan berdampak terhadap kesenjangan.

"Panglima TNI harus sosok yang tidak mencari panggung politik," kata Hari.

Menurutnya, regenerasi akan membawa suasana baru bagi TNI yang telah ikut ambil bagian dalam era reformasi.




(UWA)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA