Demo 2 Desember di Luar Monas Dinyatakan Ilegal

Meilikhah    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:20 WIB
unjuk rasa
Demo 2 Desember di Luar Monas Dinyatakan Ilegal
Menkopolhukam Wiranto menyampaikan kata sambutan pada acara silaturahmi Menkopolhukam dengan tokoh lintas agama di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (21/11/2016). Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Polhukam Wiranto mengatakan aksi bela Islam jilid III, 2 Desember, disepakati damai. Agenda utama nanti adalah gelar sajadah, zikir, doa, dan tausyiah.

Aksi dikonsentrasikan di Monas mulai pukul 08.00-13.00 WIB. Usai salat Jumat massa diminta membubarkan diri.

"Jadi kalau ada unjuk rasa di luar Monas, dipastikan tidak memiliki izin. Ilegal," kata Wiranto, usai memberikan penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia, di Puri Ratna Ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Wiranto mengatakan pernyataan ilegal itu bukan semata-mata untuk meredam kebebasan masyarakat. Melainkan untuk membangun ketenteraman. Sebab, pengunjuk rasa dengan pemerintah sudah mencapai kesepakatan bahwa aksi hanya akan digelar di Monas.

"Jadi kalau ada unjuk rasa di luar Monas, itu tidak ada izin, yang tidak dikoordinasikan. Masyarakat laporkan saja, pasti akan dibubarkan dan ditindak tegas," kata Wiranto.

Seperti diketahui, Gerakan Nasional Pangawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) akan kembali menurunkan massa pada Jumat 2 Desember. Awalnya, GNPF ingin salat Jumat dan orasi di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan M.H. Thamrin, Jakarta.

Namun, Polri menilai kegiatan di jalan protokol akan mengganggu aktivitas warga lainnya. Akhinya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian bertemu dengan petinggi organisasi masyarakat yang tergabung dalam GNPF-MUI, Senin, 28 November

Hadir dalam kesempatan itu tokoh GNPF: Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir, Ketua MUI Ma'ruf Amin, dan pemuka agama Abdullah Gymastiar. Pertemuan ini menyepakati aksi massa pindah ke lapangan Monumen Nasional (Monas), diisi doa bersama, pidato keagamaan, dan salat Jumat. Kapolri Tito berjanji akan mendukung kelancaran kegiatan ini.


(MBM)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

30 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA