Demokrat Siapkan AHY Sebagai Cawapres

Husen Miftahudin    •    Selasa, 10 Jul 2018 19:49 WIB
pilpres 2019
Demokrat Siapkan AHY Sebagai Cawapres
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) menyampaikan pidato di Serang. Foto: Antara/Asep Fathulrahman.

Jakarta: Partai Demokrat enggan ambisius terhadap Pilpres 2019. Partai berlambang mercy ini hanya menyodorkan calon wakil presiden (cawapres), yakni, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau cawapres kami, kami sudah siapkan (AHY sebagai cawapres) dari awal," kata Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Panjaitan di kediaman Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jalan Mega Kuningan Timur VIII, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Juli 2018.

Hinca berkaca pada hasil-hasil survei. AHY, sebut dia, adalah sosok terbaik sebagai cawapres bila maju dalam Pilpres 2019. "Survei menempatkan Mas AHY sebagai cawapres terkuat," papar dia.

Sebelumnya, SBY mengaku partainya enggan menyodorkan nama untuk dijadikan capres. Presiden ke-6 itu juga belum menentukan partainya berlabuh ke mana.

"Mungkin yang menjadi pembicaraan sehari-hari Partai Demokrat mengusung siapa, Pak Jokowi, Pak Prabowo atau calon lainnya. Tiga-tiganya mungkin dan sekarang sedang kita matangkan," tutur SBY.

Baca: JK Belum Tahu 10 Daftar Nama Cawapres Jokowi

SBY tak menampik saat ini Partai Demokrat tengah berusaha mematangkan arah koalisinya. Pertemuan dengan petinggi partai lain intensif dilakukan untuk membahas hal tersebut.

Partai Demokrat tengah memperhitungkan suara dari pimpinan daerah, pusat, serta perwakilannya di Parlemen soal koalisi. Banyak opsi, tetapi masih dalam tahap pembahasan.


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA