Nasib Caleg Bergantung LHKPN

Faisal Abdalla    •    Jumat, 13 Jul 2018 15:51 WIB
pemilu serentak 2019
Nasib Caleg Bergantung LHKPN
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan kepada calon anggota legislatif (caleg) agar tak lupa menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Pasalnya, pelantikan caleg terpilih bisa ditunda bila tak menyerahkan LHKPN.

"Kewajibannya (LHKPN) akan dikenakan pada mereka kalau sudah dinyatakan terpilih. Tapi, sebelum pelantikan dia sudah harus menyerahkan (LHKPN) itu," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Juli 2018. 

Arief menegaskan aturan ini berlaku bagi semua caleg anggota DPR, DPRD, dan DPD yang terpilih pada Pemilu 2019. LHKPN harus diserahkan selambat-lambatnya 7 hari setelah keluar keputusan penetapan caleg terpilih oleh KPU. 

Baca: KPU tak akan Perpanjang Masa Pendaftaran Bacaleg

"Pelantikannya akan tidak dilakukan, akan ditangguhkan. Sepanjang dia belum menyerahkan LHKPN, dia tidak akan diusulkan untuk dilakukan pelantikan," tandasnya. 

Sementara itu, Peraturan KPK Nomor 7 Tahun 2016 mewajibkan penyelenggara negara melaporkan harta kekayaannya melalui LHKPN. Penyelenggara negara yang dimaksud adalah pejabat yang menjalankan fungsi eksekutif, legislatif atau yudikatif, dan pejabat lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara.



(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA