PKS, Gerindra dan PAN Disebut Bakal Bersama hingga Pilpres

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 04 Jan 2018 05:25 WIB
pilkada serentakpilpres 2019pilkada 2018
PKS, Gerindra dan PAN Disebut Bakal Bersama hingga Pilpres
Wakil Sekjen DPP PKS Mardani Ali Sera/MI/ARYA MANGGALA

Jakarta: Kebersamaan Gerindra, PKS dan PAN dalam perencanaan Pilkada 2018 memiliki maksud tersendiri. Ketiga partai itu tengah membentuk dasar yang kuat guna memenangi Pilpres 2019.

"Tiga partai ini punya payung bersama untuk Pilkada 2018. Ini juga sebagai payung Pilpres 2019," kata Wakil Sekjen DPP PKS Mardani Ali Sera di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2017.

Di tiga Provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur ketiga partai ini memiliki sikap serupa. Kesepakatan ini bisa menjadi batu lompatan untuk bersama di Pilpres 2019 kelak.

Pun demikian, ia tak langsung mengiyakan terkait Prabowo Subianto sebagai calon Presiden. Sebab ketiga partai punya calon tersendiri. PKS bakal menentukan calon melalui Sidang Majelis Syuro pada pertengahan Januari ini.

"2019 belum tentu Prabowo, tapi kan Gerindra bisa mencalonkan Prabowo, PKS bisa juga mencalonkan Syaiful Iman. PAN biasa Zulkifli Hasan, ini di antara mereka saja. PKS akan ngusulin juga. Kita kan partai kader," terang Mardani.

Nantinya usulan-usulan itu akan itu akan dimatangkan bersama oleh ketiga partai. Jika nanti Prabowo keluar sebagai calon Presiden hasil musyawarah ketiga partai, PKS akan menerimanya.

"Kami menghargai apapun masukan usulan dari ketiga pihak partai itu. Kalau itu usulannya Prabowo ya kita terima," tandas dia.

Seperti diketahui, dinamika politik menjelang Pilpres 2019 sudah terasa. Sejauh ini sudah ada partai-partai yang mendeklarasikan Presiden Jokowi bertarung lagi. Partai-partai itu yakni Golkar, NasDem, Hanura, PPP, PKPI, PSI. Pun demikian, hingga kini belum ada satupun partai yang mendeklarasikan dukungan pada Prabowo Subianto.


(CIT)

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

6 hours Ago

Hingga kini KPK masih fokus menuntaskan proses penyidikan kasus merintangi perkara korupsi KTP-…

BERITA LAINNYA