Realisasi Program DP Nol Persen Lihat Kemampuan Anggaran

Intan fauzi    •    Rabu, 17 May 2017 01:31 WIB
pilgub dki 2017
Realisasi Program DP Nol Persen Lihat Kemampuan Anggaran
Pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno memberi salam dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU DKI Jakarta, Jumat (5/5). Foto: Antara Foto/ Rosa Panggabean (STAFF).

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim sinkronisasi yang dibentuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, berupaya memasukkan sebagian program mereka sejak dalam APBD Perubahan 2017. Namun ketua tim sinkronisasi, Sudirman Said menyebut, program rumah DP nol persen hampir bisa dipastikan belum bisa dianggarkan.

"(APBD Perubahan) 2017 enggak (masuk) lah," kata Sudirman saat ditemui di Century Park Hotel, Jakarta Pusat, Selasa 16 Mei 2017.

Menurut Sudirman, kepemimpinan Anies-Sandi tahun 2017 menyisakan waktu kurang lebih dua bulan. Dalam dua bulan itu, tak hanya soal anggaran yang bisa dipersiapkan.

"Dua bulan bisa siap-siap regulasinya, aturannya, itu juga lama (dua bulan), tapi 2018 kita akan masukan," jelas Sudirman.

Sejauh ini, pakar yang dimiliki Anies-Sandi waktu kampanye menyiapkan perhitungan secara garis besar. Rancangan itu perlu dikaji lagi dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

"Meskipun ada ancang-ancang makro, tapi kan saat menghasilkan program kita lihat kemampuan keuangan gimana. Desain waktu kampanye desainnya orang di luar struktur, nah sekarang desain itu harus disesuaikan dengan kemampuam keuangan daerah, struktur budgetnya gimana," pungkas Sudirman.


(DEN)