Rusdi Sengaja Minta jadi Dubes di Malaysia

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 18 May 2017 14:38 WIB
duta besar
Rusdi Sengaja Minta jadi Dubes di Malaysia
Presiden Jokowi bersama Rusdi Kirana. Foto: Antara/Widodo s Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik eks Watimpres Rusdi Kirana menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia. Rusdi mengakui jabatan itu permintaannya, bukan penawaran dari Jokowi.
 
"Saya tidak pernah ditawari duta besar negara lain, tapi saya meminta. Mohon kepada Pak Presiden, khusus Malaysia," kata Rusdi usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.
 
Pendiri maskapai penerbangan Lion Air itu memilih Malaysia karena ingin mengurus masalah tenaga kerja, khususnya kaum wanita. Pada 2003, ia bertemu dengan Syafi'i Maarif yang kala itu menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah.
 
Kepada Syafi'i, ia berjanji suatu saat akan mengurus masalah tenaga kerja di Malaysia. "Saya terpanggil mengurus bukan saja TKI ilegal namun Tenaga Kerja Wanita. Perlu diketahui, tidak ada siapapun di dunia ini yang inginkan anaknya bekerja di luar negeri," katanya.
 
Rusdi mengatakan, KBRI di Malaysia akan membuat balai pelatihan bagi para tenaga kerja agar memiliki keterampilan. Sehingga, para tenaga kerja tersebut memiliki kemampuan dan bisa bekerja pulang ke Tanah Air.
 
"Kita coba memasukkan balai latihan, dengan harapan mereka kembali ke Indonesia. Kita pastikan mereka punya usaha UKM. Kita hubungkan dengan BRI atau bank lain," katanya. 
 
Rusdi mengaku sudah menjalin kesepakatan dengan BRI untuk memberikan dana pelatihan UKM kepada tenaga kerja. Ia memastikan, perusahaannya akan menggelontorkan dana buat mendidik tenaga kerja asal Indonesia.
 
"Sehingga harapannya mereka kembali ke Indonesia, tidak berpikiran untuk kembali ke Malaysia," ujarnya..


(FZN)