Indonesia-Swiss Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Vokasi

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 14 Jul 2017 12:06 WIB
pendidikan
Indonesia-Swiss Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Vokasi
Ilustrasi. Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia dan Swiss sepakat meningkatkan hubungan kerja sama bilateral. Bentuk kerja sama tersebut di antaranya berkaitan dengan pendidikan vokasi atau pendidikan yang berkualifikasi.

Kesepakatan peningkatan kerja sama ini tak terlepas dari hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Ekonomi Pendidikan dan Riset Swiss Johann N. Schneider-Ammann di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Swiss ini merupakan negara yang sangat potensial bagi Indonesia, terutama dalam hal pendidikan vokasi," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat 14 Juli 2017.

Menurut dia, hubungan Indonesia dan Swiss selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan. Terlebih, sudah banyak perusahaan unggulan Swiss yang berdiri di Indonesia. "Swiss menawarkan pendidikan teknik," ucap dia.

Baca: Kembangkan Pendidikan Vokasi, Menteri Muhadjir Gunakan 'Senjata Pokemon'

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Swiss merupakan salah satu negara yang paling maju dalam pendidikan vokasi.

"Saya juga sudah menindaklanjuti rencana kunjungan Presiden ke Swiss. Mungkin akhir tahun ini," kata dia.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang mengarahkan pada penguasaan kemahiran tertentu. Program diploma yang ada di Indonesia fokus pada pendidikan ini.


(UWA)