Pansus Angket KPK Diminta Meneruskan Penyelidikan

Ilham wibowo    •    Selasa, 05 Dec 2017 18:38 WIB
angket kpk
Pansus Angket KPK Diminta Meneruskan Penyelidikan
Beberapa anggota Pansus Angket KPK/MI/Susanto

Jakarta: Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta tetap bekerja. Keputusan itu diambil dalam rapat konsultasi pimpinan bersama Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan pimpinan fraksi.

"Rapat konsultasi pimpinan dewan memohon meminta pansus meneruskan langkah penyelidikan sesuai Undang-Undang dan ketentuan berlaku terutama konfirmasi temuan yang sudah ada dalam pansus angket penyelidikan KPK dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya," ujar Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Rapat dihadiri Ketua Pansus Agun Gunadjar Sudarsa, Wakil Ketua Pansus Taufiqulhadi, dan anggota pansus Risa Mariska. Keputusan kelanjutan Pansus KPK ditentukan secara aklamasi dengan persetujuan tujuh fraksi yang menghadiri rapat.

Pimpinan DPR meminta pansus segera menyusun rekomendasi sambil menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait keabsahan objek pansus. Rekomendasi itu akan dilaporkan pada rapat paripurna.

"Menyiapkan rekomendasi sambil menunggu MK. Opsi kesimpulan Pansus angket dilaporkan di DPR apabila dinyatakan selesai," ucap dia.

Agun mengatakan pihaknya tetap berpedoman pada UU MPR, DPR, DPD, DPRD ((MD3) dalam pelaksanaan seluruh tugas dan fungsi. Selain menunggu putusan MK, kehadiran KPK di gedung dewan untuk memberi klarifikasi menjadi pertimbangan lain untuk tetap melanjutkan rencana kerja.

"Pansus menyadari dan melihat bahwa perkembangan-perkembangan tugas-tugas yang dilakukan oleh KPK juga penuh dengan berbagai macam kesibukan, aktivitas, dan juga membutuhkan perhatian hingga pansus lebih pada pilihan itu, menunggu putusan MK," papar politikus Golkar itu.


(OJE)