BNN Didorong Lakukan Tes Urine Caleg

   •    Selasa, 17 Apr 2018 20:34 WIB
pemilu serentak 2019
BNN Didorong Lakukan Tes Urine Caleg
Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni (berdiri) saat menjadi pembicara dalam diskusi tentang narkoba, di Jakarta, Selasa, 17 April 2018. Foto: Istimewa

Jakarta: Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni menantang Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan tes urine terhadap calon kepala daerah (cakada), calon anggota legislatif (caleg) baik DPR, DPD, dan DPRD, hingga calon presiden (capres). Upaya ini dinilai sebagai bentuk keseriusan pemerintah menghentikan peredaran narkoba.
 
"Jangan hanya calon kepala daerah, semua caleg juga. Bila perlu calon presidennya juga," ujar Sahroni di sela acara diskusi bertajuk Revisi UU Narkotika, di Universitas Moestopo Beragama, Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa 17 April 2018.
 
Menurut pria yang biasa disapa Roni ini, tes urine dilakukan secara spontan agar mendapatkan hasil maksimal. Jika pemeriksaan dijadwalkan, dikhawatirkan ada pihak yang telah menyiapkan diri agar urinenya dinyatakan bersih dari zat terlarang.
 
"Tes urine saja enggak apa-apa, enggak masalah. Ini untuk ketegasan saja bahwa kita benar-benar sedang menghadapi darurat narkoba. Maka itu semua stakeholder yang ada di negara ini ikut terlibat dalam kampanye antinarkoba," tuturnya.

Baca: KPU Larang Mantan Koruptor Jadi Caleg

 Politikus Partai NasDem ini juga meminta tes urine secara dadakan dilakukan di lingkungan lembaga pendidikan, terutama perguruan tinggi. Hal itu sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda.
 
"Tadi saya bilang Pak Andi (perwakilan BNN) laksakanan saja tes urine dadakan, terutama di kampus. Kampus ini kan luar biasa, anak muda, generasi penerus bangsa," ucap Roni.




(UWA)

Menanti Vonis Setya Novanto

Menanti Vonis Setya Novanto

12 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto akan menjalani sidang putusan atau vonis di Pengad…

BERITA LAINNYA