Megawati Sindir Kader Karbitan

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 10 Jan 2019 12:39 WIB
megawatipdi perjuangan
Megawati Sindir Kader Karbitan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyindir kader-kader yang tidak solid dengan partai. Pasalnya, banyak kader yang usai kalah di pemilu legislatif pindah ke partai lain.

"Saya tidak ingin diisi dengan kader karbitan. Orang yang mendadak kader karbitan atau mendadak kader pada saat pemilu saja," kata Megawati dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) sekaligus Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 PDI Perjuangan di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Kamis, 10 Januari 2019.

Menurut dia, saat ini fenomena pragmatisme politik kerap melanda. Beberapa politisi maju di tingkat legislatif dan eksekutif karena direkomendasikan dari partai.

"Namun saat terpilih karena hasrat untuk naik ke tingkat kekuasaan atau motif mengamankan diri lantas pindah ke partai lain," ucap dia.

Baca: PDI Perjuangan Gelar HUT ke-46

Presiden kelima RI itu tak menampik ada kader yang berperilaku serupa. Namun, Megawati tak peduli karena kader seperti itu akan tersingkir dengan sendirinya.

"Saya selalu mengibaratkan sebagai seleksi alam ideologi. Seleksi ideologi agar memilah mana kader dan mana bukan kader. Siapa yang lebih mementingkan diri dan kelompoknya sudah pasti mengalami seleksi ideologi," tegas Megawati.




(OGI)