Presiden akan Gelar Sidang kabinet soal Rencana Kerja 2018

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 01 Feb 2017 09:55 WIB
sidang kabinetpresiden jokowi
Presiden akan Gelar Sidang kabinet soal Rencana Kerja 2018
Presiden Joko Widodo--antara/Ismar Patrizki

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Negara. Ada dua topik pembahasan dalam sidang ini, salah satunya yakni rencana kerja pemerintah tahun 2018.

Presiden sebelumnya ingin ada pertumbuhan ekonomi sebesar enam persen pada APBN 2018. Hal itu disampaikannya dalam sidang kabinet paripurna mengenai rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara 2018 di Istana Negara.

"Yang kita inginkan ada pertumbuhan di atas enam persen, tidak mudah. Yang penting investasi tumbuh di atas 10 persen," kata Jokowi, Rabu (1/2/2017).

Jokowi telah meminta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, untuk memperkirakan langkah apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan target ini.

"Konsumsi mestinya lima persen, ekspor juga sama di atas empat persen, impor tumbuh dua sampai tiga persen. Masih ada ruang untuk ditingkatkan," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Selain soal rencana kerja, sidang kali ini juga akan membahas soal kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2018. Sebelum sidang kabinet paripurna digelar, mantan Wali Kota Surakarta itu diagendakan bakal menerima kunjungan kehormatan delegasi Asian Development Bank di Istana Merdeka.


(YDH)