Lima Alasan DPR Membentuk Pansus Angket KPK

Nur Azizah    •    Sabtu, 15 Jul 2017 16:01 WIB
angket kpk
Lima Alasan DPR Membentuk Pansus Angket KPK
Anggota Komisi XI DPR M. Misbakhun. Foto: Metrotvnews.com/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Konflik antara DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih berlanjut. Hal ini diawali dari penangkapan sejumlah anggota DPR dalam kasus dugaan korupsi KTP elektronik (KTP-el).

Hubungan KPK dan DPR semakin panas ketika DPR membentuk Panitia Khusus Hak Angket KPK. Banyak pihak menyatakan pembentukan hak angket sebagai upaya pelemahan KPK.

Anggota Komisi XI DPR M. Misbakhun tak terima dengan tudingan itu. Ia mengatakan Pansus Angket KPK bertujuan untuk mengevaluasi kinerja KPK secara menyeluruh.

Politikus Partai Golkar ini menyebut ada lima alasan DPR membentuk hak angket. Salah satunya adalah membuka rekaman penyelidikan Miryam S. Haryani.

Empat alasan lainnya antara lain mengevaluasi Kinerja KPK, memeriksa dugaan penyelewengan wewenang KPK, memeriksa indikasi ketidakpatuhan pengelolaan anggaran KPK, dan melihat adanya indikasi perpecahan di tubuh lembaga antirasuah itu.

"Jadi, jangan menganggap kalau di KPK itu malaikat semua dan yang ingin masuk (memeriksa) ke KPK dianggap pro korupsi," kata Misbakhun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 15 Juli 2017.




(UWA)