Fadli Zon Anggap Penguatan Rupiah Belum Optimal

   •    Rabu, 09 Jan 2019 21:57 WIB
rupiahkurs rupiah
Fadli Zon Anggap Penguatan Rupiah Belum Optimal
Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Foto: Medcom.id/

Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut nilai tukar rupiah yang sempat menyentuh level Rp13.990 per dolar AS belum bisa dikatakan menguat. Kata Fadli, indikator menguatnya rupiah dilihat dari nilai tukar yang sama saat pertama Pemerintahan Presiden Joko Widodo memimpin. 

"Coba kita lihat menguat itu menguat dari poin berapa? Ketika itu di angka sekitar 12 ribuan, itu baru namanya menguat," ucap Fadli di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 9 Januari 2019.

Baca: Sejalan Tren Bursa Asia, IHSG dan Rupiah Bangkit

Fadli juga mengatakan nilai dolar masih belum stabil karena fluktuasi di negaranya. Dia menyimpulkan rupiah saat ini masih berada dalam posisi lemah. 

"Kalau sekarang ya tetap dalam posisi yang sangat lemah," kata politikus Gerindra ini. 

Baca: Pemerintah Jaga Stabilitas Rupiah

Di sisi lain, pemerintah terus menjaga nilai tukar rupiah tetap stabil. Salah satu caranya dengan mencegah agar tidak terjadi defisit neraca perdagangan dan pembengkakan anggaran.

"Di samping menaikkan bunga enam persen. Mudah-mudahan nanti kita bisa turun lagi," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Baca: Menkeu Cermati Dampak Penguatan Rupiah ke APBN

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Rabu pagi, 9 Januari 2019 terlihat kembali menguat dan perlahan menuju level Rp13 ribu per USD dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di posisi Rp14.147 per USD. (Marselina Tabita)





(UWA)