Bamsoet: Perdagangan Manusia Perbuatan Biadab

Dheri Agriesta    •    Kamis, 20 Sep 2018 11:24 WIB
perdagangan manusia
Bamsoet: Perdagangan Manusia Perbuatan Biadab
Ketua DPR Bambang Soesatyo/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) geram dengan aksi perdagangan warga negara Indonesia ke Tiongkok. Pelaku harus diganjar hukuman berat.

"Perbuatan biadab memperdagangkan manusia, tidak hanya hukum Indonesia tapi hukum internasional pun mengatur hukuman berat buat pelakunya," tegas Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 20 September 2018.

Bamsoet meminta kementerian dan lembaga terkait membongkar jaringan perdagangan manusia. Politikus Partai Golkar itu menyebut Komisi I telah mendorong Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yambise, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggelar investigasi bekerja sama dengan kepolisian.

"Ini kurang ajar, menurut saya sangat kurang ajar, masa dihargai Rp400 juta untuk kawin kontrak. Ini suatu hal yang biadab," tegas dia.

Baca:  1 Tersangka Perdagangan Manusia ke Tiongkok Diburu

DPR akan memanggil Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia buat meminta keterangan. Namun, Bambang belum memerinci kapan pemanggilan dijadwalkan.

"Kami serahkan kepada komisi-komisi melakukan aksi pemanggilan tersebut. Kami pimpinan hanya bisa mendorong mengingatkan komisi-komisi melakukan aksi pemanggilan," ucap eks Ketua Komisi III itu.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengadvokasi 16 perempuan Indonesia (WNI) yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Tiongkok. Para korban masih berada di 'Negeri Tirai Bambu' dalam kondisi disekap.


(OJE)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA