Presiden Imbau Parpol Segera Daftarkan Calegnya

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 11 Jul 2018 14:13 WIB
pemilu serentak 2019
Presiden Imbau Parpol Segera Daftarkan Calegnya
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Partai politik belum ada yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal, pendaftaran caleg baik untuk DPD, DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sudah dibuka sejak minggu lalu.
 
"Sampai dengan hari ini hari ke-8 dari total 14 hari yang disediakan untuk pendaftaran bakal calon itu belum satu pun partai politik mendaftarkan ke KPU RI," kata Ketua KPU RI Arief Budiman usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Baca: Pendaftaran Bakal Caleg Masih Sepi

Pendaftaran bakal caleg untuk Pileg 2019 mulai dibuka sejak Rabu 4 Juli 2018 - 17 Juli 2018. Pendaftaran dilakukan oleh setiap parpol peserta pemilu sesuai dengan daerah pemilihannya di masing-masing tingkatan. Misalnya, bakal caleg di tingkat provinsi, pengurus parpol tingkat provinsi ke KPU provinsi untuk mendaftarkannya.
 
Arief mengatakan KPU masih menunggu parpol peserta pemilu untuk mendaftarkan calegnya hingga batas akhir pendaftaran. Presiden, kata dia, juga berharap parpol bisa segera mendaftarkan calegnya.
 
"Harapan Presiden sama segera diserukan mendaftar lebih awal," ucap dia.




(FZN)