Gubernur Pendukung Jokowi Dipastikan tak Gunakan Fasilitas Negara

Arga sumantri    •    Kamis, 13 Sep 2018 15:24 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Gubernur Pendukung Jokowi Dipastikan tak Gunakan Fasilitas Negara
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Gubernur pendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 dipastikan tidak menggunakan fasilitas negara. Mereka akan menjadi juru kampanye di daerah masing-masing.
 
"Delapan gubernur dari NasDem juga ada dua sahabat NasDem. Ada Gubernur Jabar Pak Ridwan Kamil dan Gubernur Jatim Khofifah," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.
 
Johnny tak memerinci gubernur usungan NasDem di wilayah mana saja yang mendukung Jokowi-Ma'ruf. Yang jelas, Johnny mengatakan koalisi Jokowi-Ma'ruf akan memberikan porsi yang pas bagi para kepala daerah di tim kampanye. Koalisi Jokowi-Ma'ruf memastikan penempatan mereka tak menyalahi aturan.
 
"Undang-undang dibolehkan untuk kampanye dan mereka akan menggunakan haknya sebagai jurkam," ujarnya.

Baca: Gubernur Bali Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Di susunan tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, kata Johhny, para kepala daerah akan menjadi pengarah teritorial. Kepala daerah punya kepentingan khusus dimasukkan dalam tim kampanye.
 
"Bahwa penyelenggaraan pemilu serentak, pilpres, dan pileg ini berlangsung dengan aman, baik, dan menghasilkan pemimpin yang dibutuhkan daerah," ucap wakil ketua TKN itu.
 
Johnny menegaskan kepala daerah yang bergabung di tim kampanye diingatkan tidak menggunakan fasilitas negara. Para kepala daerah juga diminta cuti saat kampanye jika memang diperintah undang-undang.




(FZN)