Idrus tak Mau Berandai-andai Terkait Status Novanto

Ilham wibowo    •    Selasa, 05 Dec 2017 16:05 WIB
golkarsetya novanto
Idrus tak Mau Berandai-andai Terkait Status Novanto
Ketua DPR Setya Novanto -- Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Jakarta: Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Golkar, Idrus Marham, tak mau berandai-andai terkait status hukum Setya Novanto. Idrus hanya berpatokan pada putusan hukum.
 
Dirinya tak mau ambil pusing ihwal pelimpahan berkas Novanto yang kini masuk ke tahap II atau penuntutan. Dirinya tetap berpegangan pada hasil rapat pleno Partai Golkar untuk memberi kesempatan kepada Novanto hingga selesai membela diri di sidang praperadilan.
 
Novanto pun telah berkirim surat agar seluruh kader partai berlambang pohon beringin ini sepakat. "Jadi begini, itu kan belum terjadi," kata Idrus di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Baca: Sekjen Golkar Bakal Dipilih Melalui Tim Formatur

Idrus tak mau berandai-andai praperadilan yang rencananya kembali di gelar pada Kamis 7 Desember 2017 itu gugur. Menurutnya, berkas perkara Novanto di KPK hingga kini belum sampai ke pengadilan.
 
"Jadi koridor Partai Golkar bukan pada seandainya atau seakan-akan, itu tidak bisa menjadi dasar," ujarnya.
 
Idrus memahami dinamika politik yang berkembang. Banyak pihak meminta DPP Partai Golkar segera menyikapi proses hukum Novanto. Termasuk posisi Novanto sebagai Ketua DPR.
 
"Kalau berandai andai, jadi seperti bermimpi. Jadi biar enak, koridor partai sudah ada, kita tidak boleh melangkah di luar aturan," ujar Idrus.

Baca: Mahyudin Sebut Novanto Legowo Lepaskan Jabatan Ketum Golkar 

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang optimistis pihaknya bisa menggugurkan proses praperadilan Novanto di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.
 
Saut meyakini, berkas perkara dugaan kejahatan korupsi Novanto sudah melewati batasan waktu yang mesti diselesaikan penyidik KPK. Berkas diperkirakan rampung sebelum sidang praperadilan Novanto digelar pekan depan, Kamis, 7 Desember 2017.




(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA