Kemenlu Minta Akses Konsuler kepada Otoritas Malaysia

Dheri Agriesta    •    Jumat, 17 Feb 2017 12:37 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Kemenlu Minta Akses Konsuler kepada Otoritas Malaysia
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir. Foto: MTVN/Dheri

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri telah meminta akses konsuler kepada otoritas Malaysia buat mendampingi Siti Aisyah, WNI yang diduga membunuh Kim Jong-nam, kakak tiri Korea Utara Kim Jong-un.
 
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, Kemenlu terus berkomunikasi dengan otoritas Malaysia untuk menemukan fakta dan data penting terkait keterlibatan Siti. Hingga saat ini, otoritas Malaysia masih melakukan pendalaman terhadap kasus ini.
 
"Paling pertama kita minta akses konsuler terhadap warga kita, kemudian kita bisa melakukan pendampingan," kata Fachir di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 17 Februari 2017.
 
Tim Kemenlu telah dikirim ke Kuala Lumpur untuk menangani kasus ini. Akses konsuler menjadi prioritas dari tim tersebut.
 
Fachir menambahkan, akses ini seharusnya sudah diberikan otoritas Malaysia karena menyangkut WNI. Sebab, ada praktik yang mengharuskan negara penerima memberikan informasi kepada perwakilan saat seorang warga negara asing terkena masalah hukum.
 
Fachir mengaku belum ada Koordinasi dengan Korea Utara. Tapi, ia memastikan, Siti Aisyah merupakan WNI. "Iya, dia WNI kita, itu ada datanya," kata dia.
 
Fachir tak tahu apakah Siti memiliki rekam jejak sebagai agen asing. Ia belum bisa memastikan apakah ada WNI lain yang terlibat kasus ini.
 
"Kita belum dapat info itu, tapi kita fokus pada yang ada sekarang. Kalau ada info berikutnya, kita akan kasih tahu," kata dia.
 


(FZN)

3 <i>'Cluster'</i> Besar Pemain Korupsi KTP-el

3 'Cluster' Besar Pemain Korupsi KTP-el

1 hour Ago

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membagi pihak yang terseret kasus…

BERITA LAINNYA