Novanto Datang ke Rapat Paripurna DPR

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 15 Nov 2017 11:16 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Datang ke Rapat Paripurna DPR
Suasana rapat paripurna di DPR. Foto: MTVN/M. Rodhi Aulia.

Jakarta: Ketua DPR Setya Novanto menghadiri sidang paripurna di DPR. Rapat ini dalam rangka pembukaan masa persidangan II tahun sidang 2017-2018.

Pantauan di lokasi, Novanto tiba di sekitar ruang sidang, lantai III, Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pukul 10.42 WIB, Rabu 15 November 2017. Dia didampingi sejumlah pimpinan.

Novanto langsung masuk ke dalam ruang sidang. Novanto duduk di sebelah kanan pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Sidang juga dihadiri Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejatinya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Novanto, hari ini. Novanto akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP elektronik.

Fredrich Yunadi, kuasa hukum Novanto, mengatakan, kliennya tidak memenuhi panggilan lantaran masih menunggu hasil uji materi Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK di Mahkamah Konstitusi (MK). Surat pemberitahuan ketidakhadiran Novanto diklaim telah dikirimkan kepada KPK.

Baca: Novanto Kembali Absen Pemeriksaan Korupsi KTP-el

"Tim kuasa hukum telah resmi melayangkan surat ke KPK menunggu hasil sidang MK atas JR terhadap pasal 46 UU 30/2002 tentang KPK," kata Fredrich.

Ini keempat kalinya Ketua Umum Partai Golkar itu tidak memenuhi panggilan KPK. Dia tiga kali absen sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo dan satu kali sebagai tersangka setelah kembali terjerat kasus itu.


(OGI)