Menhan Ingatkan Prajurit Harus Loyal Terhadap Pimpinan

Haifa Salsabila    •    Kamis, 11 Jan 2018 23:04 WIB
tni
Menhan Ingatkan Prajurit Harus Loyal Terhadap Pimpinan
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kiri) bersama dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) menjawab pertanyaan wartawan setelah rapat pimpinan 2018. MI/M Irfan.

Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta prajurit TNI loyal terhadap pimpinan. Hal ini penting untuk menjaga solidaritas militer sehingga tak mudah dipengaruhi pihak luar.

"Pengarahan saya tadi kepada Kementerian Pertahanan dan TNI, pertama kali loyalitas. Loyalitas tegak lurus ini harus sampai ke bawah. Kunci tugas itu berjalan adalah loyalitas," ujar Ryamizard usai menggelar Rapat Pimpinan dengan sejumlah kementerian dan perwira tinggi TNI di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis, 11 Januari 2018.

Ryamizard ingin prajurit dari tingkat paling rendah hingga tertinggi membentuk dan menjaga loyalitas sesama. Karena, loyalitas merupakan kunci utama saat bertugas.

Loyalitas tersebut termasuk tunduk pada Presiden sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata. Oleh karena itu, Ia meminta agar TNI senantiasa mengikuti segala perintah dari Presiden.

Namun, Ryamizard menambahkan, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit tetap menjadi aturan dan pedoman paling utama di tubuh TNI. "Kembali pada jati diri. Laksanakan Sapta Marga dan Sumpah prajurit. Semua dilandasi oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945," lanjut dia.

Ia tak ingin para prajurit TNI melanggar peraturan dan pedoman tersebut, karena itu artinya telah membangkang perintah atasan.

"Jadi kalau tidak melanggar, melaksanakan Undang-Undang, dan hukum itu sama saja kita insuboordinasi," tegas dia.

Rapim diselenggarakan dalam rangka penyampaian Kebijakan Menteri Pertahanan tentang Penyelenggaraan Pertahanan Negara (Hanneg) tahun 2018. Hanneg diharapkan dapat menjadi acuan dalam menjabarkan penyelenggaraan pertahanan negara sesuai tugas dan fungsi.

Dalam acara ini turut hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksmana Ade Supandi.



(DRI)

KPK Diminta tak Berhenti di Novanto

KPK Diminta tak Berhenti di Novanto

2 hours Ago

Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S. Lang…

BERITA LAINNYA