Survei Populi: 62 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-JK

Renatha Swasty    •    Kamis, 02 Nov 2017 18:59 WIB
surveijokowi-jk
Survei Populi: 62 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-JK
Direktur Populi Center Usep S Ahyar --MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama tiga tahun pemerintahannya sebesar 62 persen. Kepuasan ini seimbang antara masyarakat di Pulau Jawa maupun luar Jawa.

"Yang merasa puas dengan kinerja Joko Widodo adalah 62,3 persen yang tinggal di Pulau Jawa dan 61,7 persen masyarakat yang tinggal di luar Jawa. Perbandingan ini berimbang," kata Direktur Populi Center Usep S Ahyar saat memaparkan tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK di kantornya, Jakarta Barat, Kamis 2 November 2017.

Baca: Survei Indikator: Kepuasan Masyarakat pada Jokowi-JK 68%

Usep menuturkan, kepuasan masyarakat di luar Jawa lantaran kebijakan Indonesia sentris yang digalakkan pemerintah. Yakni membangun tak hanya di Pulau Jawa tapi juga di luar Jawa. "Kepuasan masyarakat menjadi indikator bahwa pembagunan sudah terasa di tengah masyarakat Indonesia," tutur dia.

Pembangunan terlihat dari pembangunan tol lintas Sumatera, pembangunan rel kereta di Sulawesi, pembangunan Trans Papua, pembangunan tol laut, pembangunan 35.000 watt hingga penyaluran dan desa.
Sementara itu, masyarakat yang tidak puas pada pemerintahan Jokowi sebesar 35,1 persen.



Populi Center menyelenggarakan survei nasional dalam periode waktu 19-26 Oktober 2017 di 34 provinsi. Survei untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama tiga tahun ini dilakukan melalui metode wawancara tatap muka pada 1200 responden.

Adapun, survei itu diklaim dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,8 persen.


(YDH)