KPU Gelar Simulasi Pendaftaran Pilpres

Arga sumantri    •    Kamis, 09 Aug 2018 17:48 WIB
pilpres 2019
KPU Gelar Simulasi Pendaftaran Pilpres
Simulasi pendaftaran capres-cawapres di KPU/Medcom.id./Arga Sumantri

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pendaftaran Pilpres 2019. Ini jadi simulasi pamungkas sebelum proses pendaftaran capres dan cawapres yang rencananya berlangsung di hari terakhir, Jumat, 10 Agustus 2018.

Simulasi dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Ketua KPU Arief Budiman memimpin langsung jalannya simulasi, diikuti para Komisioner KPU.

"Ini sekaligus simulasi bagi rekan-rekan media, silakan mengatur posisi yang enak. Asal jangan menutup akses," kata Arief di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Sejumlah pegawai KPU menjadi 'aktor' simulasi. Ada yang menjadi calon presiden dan wakil presiden, ada juga yang menjadi ketua umum maupun sekjen partai politik pengusung.

Simulasi dimulai sejak rombongan pasangan capres dan cawapres tiba di KPU. Pimpinan KPU menyambut rombongan dari pintu masuk.

Simulasi dilakukan mulai proses registasi pasangan calon hingga sesi konferensi pers. Sesi pernyataan pers dilakukan di tenda yang sudah disiapkan KPU.

Rombongan lalu diarahkan menuju lokasi registrasi pendaftaran di lantai dua. KPU sudah menyiapkan identitas khusus bagi rombongan bakal capres dan cawapres.

Hanya 170 orang dari setiap rombongan capres-cawapres bisa masuk ke halaman kantor KPU. Sebanyak 50 orang bisa ikut hingga ke lantai dua.

Joko Widodo sudah memastikam bakal mendaftar bersama cawapres dan parpol pengusungnya sekitar pukul 10.00 WIB.

Calon pesaing Jokowi, Prabowo Subianto bakal mendaftar di siang hari. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyebut Prabowo bakal mendatangi KPU selesai salat Jumat.


(OJE)