Purnawirawan TNI & Polri Dukung Pembubaran HTI

Nur Azizah    •    Jumat, 12 May 2017 16:25 WIB
pembubaran hti
Purnawirawan TNI & Polri Dukung Pembubaran HTI
DPP Pepabri Jenderal TNI (purn) Agun Gumelar, Ketum Purnawirawan Polri Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, dan persatuan purnawirawan TNI-Polri lainnya mendukung pembubaran HTI. Foto: MTVN/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Forum Komunikasi Pimpinan Purnawirawan TNI dan Polri mendukung langkah pemerintah membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Sebab, gerakan yang bertentangan dengan Pancasila ini dianggap telah menimbulkan konflik horizontal.

Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata RI (Pepabri) Jenderal TNI (purn) Agun Gumelar khawatir gerakan HTI bisa menimbulkan konflik lebih luas. Konflik bisa menjadi ancaman keutuhan bangsa.

"Kami sangat mengapresiasi tindakan pemerintah untuk membubarkan HTI," kata Agum di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Mei 2017.

Agum berharap, tindakan tegas juga dilakukan pada ormas atau individu yang bertentangan dengan Pancasila. "Baik radikal kanan, kiri, maupun lainnya," ujar dia.

Agum sadar, penghapusan paham radikalisme tidak akan selesai pada pembubaran organisasi. Ia menyarankan pemerintah membuat kegiatan deradikalisasi dengan fokus pembangunan karakter.

"Pembubaran harus diikuti langkah strategis, seperti deradikalisasi secara massif, terencana, dan sistematis. Upaya ini harus dilakukan sejak usia dini," tuturnya.

Untuk mempersatukan Indonesia, Agum meminta TNI-Polri serta aparatur pemerintah bisa bersinergi. Selain Agum, hadir pula Ketua Umum Purnawirawan Polri Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, dan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri.

Hadir juga perwakilan dari Pusat Lembaga Veteran RI (Purn) Marsda Suwitno, Persatuan Purnawirawan Angkatan Marskal Madya (Purn) Oka, dan Perwakilan Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut Laksamana Madya (Purn) Putu Ardani.


(MBM)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

2 hours Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA