Alasan Jokowi Keluarkan Perppu Keterbukaan Akses Keuangan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 17 May 2017 22:04 WIB
aeoi
Alasan Jokowi Keluarkan Perppu Keterbukaan Akses Keuangan
Presiden Joko Widodo - AFP/KENZABURO FUKUHARA

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan. Perppu tersebut dikeluarkan karena seluruh negara akan buka diri terhadap informasi perbankan.

Presiden Joko Widodo mengaku sudah berkali-kali menyampaikan melalui sosialisasi tax amnesty bahwa pada 2018, setiap negara akan membuka informasi perbankannya.

"Perppu ini adalah menindaklanjuti itu, karena ditunggu komitmen kita mengenai ikut tidaknya kita di dalam automatic exchange of information. Ini ditunggu semua, jadi Perppu itu dalam rangka internasional juga dalam rangka di sini," kata Presiden di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak kaget dengan keberadaan Perppu tersebut. Pasalnya, semua negara memang akan menerapkan hal serupa.

Namun, ia menegaskan, keterbukaan tersebut tetap ada batasannya dan aturan yang mesti dipatuhi. "Sudah saya sampaikan berkali-kali hati-hati tahun 2018 semuanya nanti akan bisa terbuka. Tetapi ingat itu hanya dipakai untuk kepentingan-kepentingan yang memang diperlukan, tidak buka-bukaan juga. Ada batasan-batasan, ada aturan-aturan  yang harus diikuti," kata dia.

Ia memastikan, Perppu tersebut juga sudah dikirimkan ke DPR. Menurut dia, keterbukaan ini harus dijalankan karena Indonesia sudah berkomitmen kepada dunia internasional.

"Ya ini mengikuti komitmen internasional yang sudah kita tanda tangani sekian tahun lalu. Ini komitmen keterbukaan yang harus kita ikuti," pungkas dia.


(REN)