Din Syamsuddin: Mungkin Ada yang Ingin Adu Domba Kita

M Rodhi Aulia    •    Senin, 17 Oct 2016 15:42 WIB
toleransi beragama
Din Syamsuddin: Mungkin Ada yang Ingin Adu Domba Kita
Din Syamsudin--Antara/SAHRUL MANDA TIKUPADANG

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokoh lintas agama menyerukan umat beragama di Tanah Air berdoa agar bangsa Indonesia terhindar dari malapetaka. Dan, perpecahan.

"Agar juga kita diberi kekuatan menghadapi tantangan dan ancaman, baik dari dalam maupun dari luar negeri," kata Din Syamsuddin di Sekretariat Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC), Jalan Kemiri, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Din menduga, ada yang menginginkan Indonesia terpecah-belah. Bukan mustahil pula ada faktor eksternal yang ingin mengadu-domba warga.

Din bersama tokoh lintas agama bersepakat agar masyarakat menghindari hal yang berpotensi merusak persatuan dan kesatuan. Dia ingin kerukunan sejati lahir di tengah masyarakat.

"Dalam membangun kerukunan sejati diperlukan wawasan dan budaya. Pertama, untuk siap sedia hidup berdampingan secara damai. Bukan wawasan yang eksklusif yang ingin mengenyahkan pihak-pihak lain, yang ingin hidup sendiri," ujar dia.

Din menambahkan, kerukunan sejati hanya mungkin terwujud lewat toleransi, saling memahami, dan saling menghormati. Juag masing-masing individu menghindari segala bentuk kekerasan, baik verbal, fisik, dan kekerasa modal.

"Jangan memasuki wilayah sensitif menyangkut keyakinan, keagamaan, ajaran-ajaran agama. Ini harus dihindari dalam hidup bersama," tandas dia.

Selain Din, nampak pula dalam acara itu Sekjen MUI Anwar Abbas, Ketua Walubi Suhadi Sendjadja, Ketua Umum Matakin Uung Sendana, Sekretaris Eksekutif KWI Edy Purwanto, Ketua PHDI Nyoman Udayana Sangging, Ketua MUI Yusmar Yusuf, Gomar Gultom dan Penrad Siagian dari PGI.


(YDH)