Menteri Agama Sebut Ketidakadilan Pemicu Anarkis

Lis Pratiwi    •    Rabu, 17 May 2017 20:03 WIB
pembubaran hti
Menteri Agama Sebut Ketidakadilan Pemicu Anarkis
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: MTVN/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketidakadilan dinilai menjadi salah satu penyebab munculnya tindakan anarkis di masyarakat. Warga merasa tidak memiliki cara lain yang sesuai ketentuan.
 
Hal itu disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam diskusi bertema Perkuat Komitmen Kebangsaan dan Kesatuan dalam Bingkai Kebinnekaan di Gedung Stovia, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.
 
Menurut Lukman, orang menjadi ekstrim karena tidak punya cara yang normal dalam menanggapi ketidakadilan yang mereka rasakan.
 
"Aksi ekstremis merupakan cara dia merespon, lalu menempuh jalan pintas, kemudian tergoda menggunakan cara kekerasan," kata Lukman.
 
Lukman mengimbau masyarakat berperan aktif meminimalisir praktik ketidakadilan di masyarakat dan mencegah aksi anarkis terjadi.
 
"Bersama memikirkan bagaimana meminimalisir praktik ketidakadilan di semua sektor karena bisa memicu munculnya orang-orang menjadi anarkis," ujarnya.
 
Lukman mengatakan, pemerintah terus berusaha mengatasi masalah ketidakadilan yang terjadi di berbagai sektor. Pemerinta juga berupaya melakukan pemerataan di berbagai sektor, baik ekonomi maupun pembangunan infrastruktur.
 


(FZN)