Megawati Ingin Ada KAA ke-2

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 18 Apr 2017 15:17 WIB
konferensi asia-pasifik
Megawati Ingin Ada KAA ke-2
Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri--Antara/Ali Anwar

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri menginginkan agar Konferensi Asia-Afrika (KAA) kembali digelar. Jadi, bukan cuma sekadar perayaan.

"Saya berharap suatu saat Bapak Presiden pada tanggal yang sama kita dapat bertemu kembali. Entah di mana, bukan untuk perayaan seremonial Konferensi Asia-Afrika seperti tahun 55," kata Megawati pada peringatan KAA di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 18 April 2017.

Dunia mengakui KAA berguna bagi kehidupan serta keberlangsungan peradaban dunia. Dia menekankan, kini sudah saatnya mengevaluasi berbagai problem akibat globalisasi dan pasar bebas.

Putri dari Presiden pertama Soekarno itu menilai, negara Asia-Afrika harus duduk bersama. Merumuskan dan menyepakati pemahaman bersama serta berbagai problem yang lahir di abad 21. Mereka harus membuat keputusan bersama sebagai langkah strategi dan solusi.

"Benar telah merdeka, tapi lihat ke dalam negeri kita masing-masing. Di beberapa negara bahkan lintas negara Asia-Afrika pun terjadi berbagai konflik," papar dia.

Perebuatan wilayah, kata dia, terjadi akibat percikan api isu SARA. Penghilangan nyawa pun dianggap suatu kebenaran. Hal ini menjadi tanggung jawab generasi saat ini.

"Jangan menjadi kaum yang memunggungi sejarah, bahkan meninggalkan sejarah persaudaraan dan perdamaian para pendiri bangsa. Never leave history, kata Bung Karno," jelas dia.

Dia menilai, perpecahan ini adalah kegagalan generasi saat ini saat menjalankan agama dan keyakinan. Padahal, kemerdekaan tidak harus diisi dengan intimidasi, teror, dan senjata dalam menyelesaikan persoalan.

"Kita harus sekuat-kuatnya, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya berjuang mempertahankan keberagaman yang dianugerahkan Allah SWT," papar dia.


(YDH)