8 Kandidat Cawapres Prabowo

Arga sumantri    •    Rabu, 11 Jul 2018 20:57 WIB
prabowo subiantopilpres 2019
8 Kandidat Cawapres Prabowo
Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria/MI/Mohamad Irfan

Jakarta: Gerindra sudah mengantongi nama kandidat calon wakil presiden Prabowo Subianto. Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menyebut ada delapan nama yang tengah dipertimbangkan.

Riza memerinci dua nama di antaranya merupakan kader PKS, yakni mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri.

"Dari PAN ada Pak Zulkifli (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan)," kata Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Baca: PKS Perjuangkan Posisi Cawapres Prabowo

Riza mengatakan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga masuk daftar kandidat cawapres ketum Gerindra itu. Ada juga nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo, mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ini nama yang sedang kita rundingkan bersama dan insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan putuskan," ucap Riza.

Riza memastikan Gerindra tidak akan memutuskan sendiri. Daftar kandidat itu bakal diserahkan pada partai mitra koalisi.

"Pak Prabowo orang yang sangat bijaksana mendengar semua pendapat, masukan, dan mengedepankan kepentingan bangsa, negara, dan kepentingan rakyat," ujarnya.

Baca: Gerindra Sebut Anies Jalan Tengah Cawapres Prabowo

Riza belum bisa memastikan kapan cawapres Prabowo diumumkan. Dia hanya mengklaim koalisi partai pesaing Joko Widodo kini semakin solid.

"Semakin mantap, semakin yakin bahwa pada Pilpres 2019 kami tidak hanya akan mendapatkan cawapres yang terbaik tapi kami punya keyakinan bisa mengalahkan Jokowi dan bisa memenangkan Pilpres 2019," tutup Riza.

Baca: Jokowi: Cawapres Mengerucut jadi 5 Nama

Di sisi lain, koalisi pendukung Jokowi sudah mengerucutkan kandidat cawapres. Calon petahana itu mengantongi daftar prioritas dengan lima nama. Nama-nama didapat setelah tim menggodok daftar panjang yang kemudian disederhanakan menjadi daftar pendek dengan 5-10 nama.

Sayangnya, Jokowi belum mau memerinci siapa saja yang kemungkinan ia sanding pada Pilpres 2019. Eks Gubernur DKI Jakarta itu masih harus mematangkan melalui pembahasan bersama partai pengusung.




(OJE)