Jelang Pilpres, Ketua DPR Ingatkan Semua Pihak Berhenti Saling Ejek

Anggi Tondi Martaon    •    Minggu, 12 Aug 2018 12:47 WIB
berita dpr
Jelang Pilpres, Ketua DPR Ingatkan Semua Pihak Berhenti Saling Ejek
?Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Dok.DPR)

Jakarta: Dua kandidat telah menyatakan diri akan bertarung di Pilpres 2019. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan agar semua pihak menahan diri untuk menjaga kemanan dan kelancaran pesta demokrasi.

"Serta membantu pemerintah dan masyarakat mewujudkan suasana kondusif. Perang pernyataan, saling ejek dan sindir, patut diakhiri," kata Ketua DPR yang akrab disapa Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Minggu, 12 Agustus 2018.

Politikus Golkar itu menegaskan, perang pernyataan, saling ejek dan saling sindir yang mewarnai proses pembentukan koalisi partai dan penyaringan calon wakil presiden harus diakhiri. Selain tidak produktif, perang pernyataan hanya akan menimbulkan gejolak sosial di tengah publik.

Mantan Ketua Komisi III itu mengakui, proses lahirnya dua kandidat Pilpres 2019 sudah mulai dibumbui dengan hiruk pikuk. Hal itu ditandai dengan perang pernyataan, saling sindir, ada pula tuduhan, serta kejutan-kejutan terkait dengan nama sosok cawapres.

Dia pun sangat menyayangkan bahwa usai pendaftaran kandidat pasangan capres-cawapres, ruang publik masih disesaki dengan pernyataan-pernyataan yang berpotensi mengganggu kenyamanan publik. "Menuju tahun politik 2019, kondusifitas sangat bergantung pada perilaku masing-masing kubu capres-cawapres," kata Bamsoet.

Dia mengingatkan, daripada saling sindir atau saling ejek, akan lebih baik jika masing-masing kubu kandidat capres-cawapres melakukan konsolidasi mempersiapkan kampanye Pilpres. Misalnya melakukan pemetaan basis suara, membaca kekuatan lawan, membentuk tim pemenangan, menyusun program-program yang akan ditawarkan kepada warga di daerah pemilihan (Dapil) hingga menghitung logistik yang dibutuhkan. 

"Dengan ragam kegiatan yang tak terhindarkan itu, tensi politik di dalam negeri semestinya bisa dibuat lebih tenang," ujar dia.


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA