Pertemuan DPR dengan Kapolri tak Hanya soal Pansus Angket

Husen Miftahudin    •    Kamis, 05 Oct 2017 17:12 WIB
angket kpk
Pertemuan DPR dengan Kapolri tak Hanya soal Pansus Angket
Ilustrasi: Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah anggota DPR RI menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri pada Rabu 4 Oktober 2017. Pertemuan itu tak hanya meminta masukan soal Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK saja.

"Kalau Pansus kemarin tidak banyak hal yang dibicarakan, karena yang hadir di sana (Mabes Polri) ada yang bukan anggota (Pansus Angket). Itu adalah sejumlah orang dari Komisi III dan dipimpin oleh pak Fahri (Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah)," kata Wakil Ketua Pansus Angket Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Pertemuan itu lebih membahas soal koordinasi antara Polri dengan Komisi III DPR. Mereka fokus pada bagaimana keputusan dan kesimpulan yang dihasilkan Komisi III bisa dijalankan secara efektif.

Tak hanya itu, Komisi III juga mempertanyakan kerja sama antara lembaga penegak hukum. "Juga bagaimana kalau misalnya persoalan-persoalan berkaitan dengan Densus, itu bisa dilaksanakan atau tidak. Jadi hal-hal yang sangat umum tidak bicara hal khusus," papar dia. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Pansus Angket Eddy Kusuma Wijaya menyebut pertemuan dengan Kapolri meminta masukan-masukan yang akan jadi rekomendasi Pansus. Secara umum, pertemuan Pansus dengan jajaran Polri untuk meningkatkan konsolidasi dan koordinasi. 

Di samping itu, Pansus juga mempertanyakan perkembangan penanganan kasus-kasus yang sudah dilaporkan ke Polri. "Koordinasi biasa, dihadiri oleh Kapolri dan pejabat utama Polri. Ini membahas tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Polri serta tugas-tugas Pansus," ungkap Eddy.


(OGI)