DPD Siap Bantu DPR Produksi UU

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 22 Sep 2016 21:20 WIB
berita dpr
DPD Siap Bantu DPR Produksi UU
Majelis Permusyawaratan Rakyat menggelar Seminar Nasional Kelompok DPD di MPR (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan Kelompok DPD di MPR John Pieris menyatakan, DPD dapat membantu DPR dalam menghasilkan suatu undang-undang (UU). Sayangnya, kewenangan yang dimiliki DPD masih terbatas.

Menurut John, kalau fungsi legislasi DPD diberikan secara optimal, maka DPD bisa membantu DPR memproduksi sebanyak mungkin. Oleh sebab itu, Ia menyayangkan sikap DPR yang menolak penguatan dan penataan DPD

"Katakanlah UU setahun Prolegnas, katakanlah 20 UU, kita bisa bantu bikin itu," ujar John di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2016).

Malahan, menurut John, DPR dan DPD bisa berbagi tugas dalam memproduksi UU. Dalam hal ini, DPD bisa berperan untuk menghasilkan UU yang berkaitan dengan pembangunan daerah.

"Katakan dibagi, DPR 12 kita (DPD) 8, terutama pembangunan daerah, otonomi baru, pemekeran, pertambangan, perimbangan uang pusat dan daerah. Sisanya yang besar kita serahkan ke DPR. Jadi tidak perlu dikhawatirkan," jelas John.

Baginya, penguatan DPD sama sekali tidak melemahkan kewenangan DPR. Namun ia sangat menyangkan sampai saat ini kewenangan DPD dibatasi bahkan diusulkan untuk dibubarkan.

"Kenapa bukan DPR yang dikuatkan? Karena DPR sudah cukup kuat, Presiden kuat, lembaga negara lain sudah cukup kuat," terangnya.

Dirinya menambahkan, penguatan kewenangan konstitusional DPD harus dilihat dalam konteks penguatan daerah dengan membangun semua ekonomi daerah. Melakukan pembangunan dari pinggiran dalam menumbuhkan perekonomian bangsa dan negara.

John menerangkan hal tersebut sesuai dengan nawa cita yang digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). "Jadi kalau desa kuat, Kabupaten kuat, Provinai kuat maka negara ini jadi kokoh dan NKRI semakin jaya, itu filosofinya," paparnya.

John mengatakan bahwa lembaga negara mana lagi yang mau memperhatikan dan mengawal kepentingan daerah seperti keterpurukan sandang, pangan, dan papan oleh rakyat selain DPD. Maka dari itu ia menekankan DPD penting untuk dikuatkan.

"Kita dipilih langsung rakyat daerah loh dan kita harus mengabdi pada kepentingan rakyat bukan kepentingan politik kelompok tertentu, seluruhnya kepada rakyat. Ya kita tau kepentingan parpol DPR  juga sama, ada kemitraan positif DPD DPR, sama-sama bangun bangsa dan rakyat Indonesia. Saya kira bagus sistem bikameral efektif " tutupnya.


(ROS)

Video /