Jokowi Perintahkan Pembubaran Lembaga Nonstruktural

Desi Angriani    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:09 WIB
kementerian lembaga
Jokowi Perintahkan Pembubaran Lembaga Nonstruktural
Presiden Joko Widodo didampingi Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden. Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan pembubaran lembaga non-struktural (LNS) yang tumpang tindih dengan lembaga/kementerian. Hal ini bertujuan memangkas LNS yang membebani birokrasi.

"Jika LNS yang sudah jelas tumpang tindih dengan kementerian, saya minta dibubarkan. Tugas dan fungsinya diintegrasikan kembali ke kementerian yang berkesesuaian," tegas Presiden dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Presiden mencatat, masih terdapat 115 LNS yang perlu ditata ulang. Jumlah ini tergolong besar dan harus difokuskan pada LNS yang dibentuk berdasarkan PP, Perpres atau Keppres.

"Sebelumnya, pada tahun 2014 dari 127 yang telah dibubarkan 10 lembaga nonstruktural dan 2015 dibubarkan lagi 2 LNS," tuturnya.

(Baca juga: Lembaga Nonstruktural akan Dikembalikan ke Kementerian)

Selain penataan kelembagaan, Presiden juga menginginkan perbaikan manajemen aparatur sipil negara. Reformasi ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang profesional dan responsif.

"Di era kompetisi antar negara ini bisa memberikan pelayanan yang profesional, yang responsif, yang lebih cepat, dan yang lebih gesit," kata dia.

(Baca juga: Nasib 14 Lembaga Nonstruktural Ditentukan Pekan Depan)


(MBM)

Djarot: Kampanye Tidak Merusak Lingkungan

Djarot: Kampanye Tidak Merusak Lingkungan

5 hours Ago

Perbuatan yang dapat mengotori lingkungan misalnya menempel selembaran atau stiker di pohon, ti…

BERITA LAINNYA
Video /