Pemerintah akan Angkat Puluhan Ribu Guru Honorer

Dheri Agriesta    •    Rabu, 07 Feb 2018 15:42 WIB
gurutenaga honorer
Pemerintah akan Angkat Puluhan Ribu Guru Honorer
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MTVN/Dheri

Jakarta: Pemerintah akan mengangkat ribuan guru honorer menjadi PNS. Sebab, kualitas dan jumlah guru berbanding lurus dengan kualitas pendidikan Indonesia.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla telah berbicara dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengenai jumlah guru yang ada saat ini. Jika dihitung, jumlah guru pensiun tak sebanding dengan pengangkatan guru baru.
 
"Presiden sudah setuju untuk menambah kekurangan guru, yang puluhan ribu (guru honorer) itu kita angkat," kata Kalla di Pusdiklat Kemendikbud, Serua, Depok, Rabu, 7 Februari 2018.
 
Kalla sedih mendengar kabar guru honorer berpenghasilan Rp400 ribu per bulan. Menurutnya, minimnya penghasilan membuat wibawa guru terlihat rendah di mata siswa. Sehingga, siswa berani melawan.
 
"Tentu sedih sekali mendengarkan itu, karena itulah kita akan perhatikan," kata Kalla.

Baca: 11.941 Guru Honorer Direkrut Tutupi Kekurangan Guru di DKI
 
Kalla mengakui tak gampang menyelesaikan masalah pendidikan. Padahal, pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp444 triliun.
 
Ia minta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, dan Kementerian Agama memanfaatkan anggaran itu dengan baik. Selain itu, pemerintah juga memiliki program sekolah gratis.
 
Kalla mengingatkan program sekolah gratis hanya berlaku untuk masyarakat tak mampu. Sedangkan masyarakat mampu diminta menyumbang demi peningkatan kualitas sekolah.
 
"Kalau tidak (menyumbang) maka akan terjadi kasta sekolah, kasta sekolah negeri yang bebas bayar dan kasta sekolah swasta yang bayarnya mahal," jelas Kalla.
 

(FZN)