Pengajaran Pancasila Perlu Diterapkan Kembali di Sekolah

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 11 Mar 2018 14:54 WIB
pancasila
Pengajaran Pancasila Perlu Diterapkan Kembali di Sekolah
Ilustrasi: Sejumlah seniman membawa foto Presiden Soekarno dan lambang Garuda Pancasila saat Kirab Grebeg Pancasila di Blitar, Jawa Timur. Foto: Antara/Irfan Anshori.

Jakarta: Siti Hediati Hariyadi atau akrab disapa Titiek Soeharto mengataan, pengajaran tentang nilai-nilai Pancasila harus kembali diterapkan di sekolah. Sebagaimana pesan Presiden RI ke-2 Soeharto yang selalu menekankan penerapan Pancasila.

"Bapak selalu mengatakan Pancasila, itu sudah mencakup semuanya. Itu juga yang terbaik bagi bangsa kita," kata dia ditemui usai peringatan Bulan HM Soeharto, di Panggung Candi Bentar, TMII,  Jakarta Timur, Minggu 11 Maret 2018.

Dirinya menambahkan, saat ini penerapan nilai-nilai Pancasila di masyarakat sudah mulai mengalami penurunan. Tak hanya itu, generasi muda yang seharusnya bisa menjadi generasi penerus justru mudah terpengaruh hal-hal negatif.

Baca: Ketua DPR: Ideologi Pancasila Harus Dijaga Bersama

"Kelihatannya Pancasila sudah mulai luntur. Di sekolah sudah tidak diajarkan lagi. Padahal Pancasila ini menjadi benteng buat anak muda kita, apalagi sekarang ini marak narkoba dan sebagainya," lanjut dia.

Untuk itu, Titiek berpesan agar ajaran-ajaran Pancasila kembali digaungkan di kalangan generasi muda Indonesia. Khususnya bagi para pelajar di sekolah agar bisa terhindar dari pengaruh negatif yang ada.

Sekadar diketahui, selama kepemimpinan Soeharto, pemerintah merumuskan Pancasila dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Namun, setelah Soeharto turun tahta kewajiban pengajaran P4 dicabut oleh MPR.


(DMR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA