Gerindra tak Mau Cawapres Hanya Ditentukan PKS

Fachri Audhia Hafiez    •    Senin, 16 Apr 2018 22:37 WIB
pilpres 2019
Gerindra tak Mau Cawapres Hanya Ditentukan PKS
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono. Foto: Fachri Audhia Hafiez/Medcom.id

Jakarta: Partai Gerindra tak ingin penentuan calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto hanya diputuskan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Cawapres Prabowo harus ditentukan melalui musyawarah antarpartai.

"Kalau bisa idealnya tidak hanya dengan PKS. Baiknya kita tetap mengadakan musyawarah secara terbuka dengan partai lain yang mendukung Pak Prabowo," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono di Hotel Century Park Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Ferry mengklaim partai lain yang mendukung Prabowo yakni Partai Amanat Nasional (PAN). Gerindra, kata dia, menunggu sampai PAN dan PKS menyelesaikan pembicaraan internalnya masing-masing dalam membahas calon pendamping Prabowo.

Ferry pun ingin koalisi bersama PKS tidak sekadar menentukan nama cawapres Prabowo. "Kalau dengan PKS minimal kita cukup memenuhi syarat presidential threshold," ujar Ferry.

Baca: Fadli Zon Yakin PKS Loyal kepada Prabowo

Politikus PKS Nasir Djamil meminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggandeng kader PKS sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal itu ditegaskan setelah Prabowo mendeklarasikan siap maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

"PKS menyodorkan calon wakil presiden terhadap Probowo itu harus siap semuanya," kata Nasir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 11 April 2018.





(AZF)