Nasir Djamil Sarankan PKS Tak Usung Anies pada Pilpres 2019

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 04 Jul 2018 17:57 WIB
jusuf kallapilpres 2019
Nasir Djamil Sarankan PKS Tak Usung Anies pada Pilpres 2019
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berbincang dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil (kedua kanan), disaksikan Wakil Presiden yang juga Ketua DMI Jusuf Kalla (ketiga kanan) di Jakarta, Jumat (12/1). ANTARA FOTO/ JERRY (HO).

Jakarta: Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasir Djamil meminta partainya tak mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2019. Nama Gubernur DKI Jakarta tersebut santer dikabarkan menjadi salah satu kandidat di Pilpres 2019.

"Anies Baswedan terikat janji dan kontrak kalau akan mengurus DKI selama lima tahun. Jadi rasanya kalau maju ke Pilpres, orang akan mempertanyakan," kata Nasir di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Juli 2018.

Baca: JK dan Anies Kembali Umbar 'Kemesraan'

Menurut Nasir, partainya tak kekurangan kader untuk diusung pada Pilpres 2019. Ketimbang mengusung Anies yang bukan kader partai.

"Saya sebagai kader PKS juga menyayangkan kenapa ada barang sendiri lalu kita jual barang orang. Kita punya barang sembilan, tapi kenapa kita menyebut barang orang?" ungkap Nasir.

Nama Anies yang mencuat dalam beberapa hari terakhir, menurut anggota Komisi III DPR RI itu hal yang biasa. Mengusung calon yang bukan kader akan menimbulkan kebingungan di tingkat akar rumput kader. 

"Biasa lah dalam menghadapi dinamika politik seperti ini kan ada yang berpendapat seperti ini, itu. Cuma saya berharap, lebih bagus seluruh jajaran PKS atas sampai bawah komit dengan sembilan nama yang diusung itu, siapapun dia," tegas Nasir.

Baca: PDIP Nilai 'Kemesraan' JK-Anies Bukan Ancaman

Nama Anies Baswedan mencuat setelah dalam beberapa kesempatan terakhir bersama-sama Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebelumnya, JK dan Anies berada dalam satu mobil untuk menghadiri acara halal bihalal Pengurus Pusat Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat pagi tadi. 

Kemarin malam pun JK dan Anies juga menaiki satu mobil saat menghadiri acara halal bihalal Pengurus Besar Nahdhatul Ulama, sekaligus tasyakuran ulang tahun Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa kemarin, 3 Juli 2018.


(DEN)